RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN WORTEL (Daucus carota L.) AKIBAT PEMBERIAN PUPUK NITROGEN SINTETIK PADA BERBAGAI DOSIS KOMPOS KULIT KOPI

Binton, Marojahan Tamba and Eko, Suprijono and Fahrurrozi, Fahrurrozi (2022) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN WORTEL (Daucus carota L.) AKIBAT PEMBERIAN PUPUK NITROGEN SINTETIK PADA BERBAGAI DOSIS KOMPOS KULIT KOPI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI BINTON MAROJAHAN TAMBA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tanaman wortel merupakan salah satu komoditi sayuran penting. Wortel juga merupakan sayuran yang sudah dikenal dan populer sebagai sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C dan sedikit vitamin D serta zat-zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan manusia Tujuan penelitian adalah untuk menentukan dosis optimum pupuk Nitrogen pada setiap dosis kompos kulit kopi terhadap pola pertumbuhan dan hasil tanaman wortel. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juli 2021 bertempat di Desa Simpang Poak, Kelurahan Talang Rimbo Lama, Kecamatan Curup Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, Kota Curup, Provinsi Bengkulu. Penelitian disusun dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) terdiri dari dua faktor percobaan yaitu pupuk kompos kulit kopi dan pupuk Nitrogen. Pupuk kompos kulit kopi terdiri dari 3 dosis yaitu K1= 5 ton/ha, K2= 10 ton/ha, K3= 15 ton/ha. Pupuk Nitrogen 4 dosis yaitu N0 = 0 kg/ha, N1 = 40 kg/ha, N2 = 80 kg/ha, N3 = 120 kg/ha. Diperoleh 12 kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga total 36 satuan percobaan. Analisis sidik ragam (ANAVA) dilakukan dengan menggunakan analisis dan uji lanjut dengan polynomial orthogonal (PO). Hasil analisis menunjukan bahwa Faktor kompos kulit kopi tidak berinteraksi dengan pupuk Nitrogen, sehingga belum didapatkan dosis optimum pupuk Nitrogen pada setiap dosis kompos kulit kopi terhadap pola pertumbuhan dan hasil tanaman wortel. Dosis kompos kulit kopi K2 (10 ton/ha) adalah perlakuan terbaik bagi variabel tinggi tanaman, jumlah daun, bobot umbi, panjang umbi, diameter umbi, dan bobot perpetak. Dosis kompos kulit kopi K3 (15 ton/ha) adalah dosis terbaik terhadap variabel bobot tajuk basah. Dosis pupuk Nitrogen N2 (80 kg/ha) adalah perlakuan terbaik terhadap variabel tinggi tanaman, bobot umbi, panjang umbi, dan bobot per petak. Dosis pupuk Nitrogen N1 (40 kg/ha) adalah perlakuan terbaik terhadap variabel jumlah daun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:18
Last Modified: 11 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15656

Actions (login required)

View Item View Item