PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU

Amran, Adelya Ayu Listiani and Wurjinem, Wurjinem and Sri, Dadi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode quasi eksperimen jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Subyek penelitian adalah kelas IVB (kelas eksperimen) dan IVA (kelas kontrol). Instrumen penelitian hasil belajar pengetahuan yaitu lembar tes tertulis serta perbedaan hasil belajar sikap dan keterampilan yaitu lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) hasil belajar pengetahuan yaitu uji-t di dapatkan thitung mata pelajaran IPA sebesar 2,22 dan mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 2,44 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67 dimana thitung lebih besar dari ttabel, 2) perbedaan hasil belajar sikap dengan kategori baik dan sangat baik rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 77,75%, sedangkan kelas kontrol sebesar 47,25% dan 3) perbedaan hasil belajar keterampilan dengan kategori baik dan sangat baik rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 82,50%, sedangkan kelas kontrol sebesar 52,25%, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flipchart. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:51
Last Modified: 11 Sep 2023 08:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15662

Actions (login required)

View Item View Item