STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA SENI POP-UP BOOK SISWA KELAS IV B SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Yunita, Arda and Hasnawati, Hasnawati and Dwi, anggraini (2020) STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA SENI POP-UP BOOK SISWA KELAS IV B SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ARDA YUNITA (A1G016041).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan karya seni Pop-up Book dan hasil karya seni Pop-up Book Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu penelitian Kualitatif dengan teknik observasi partisipan, dan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV B SD Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu human instrument (peneliti itu sendiri), dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data proses pembuatan karya dilakukan dengan menelaah karya dibahas dengan melihat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa. Hasil penelitian yaitu (1) Proses pembuatan karya seni Pop-up Book yang diawali dengan memperkenalkan karya Pop-up Book, dilanjutkan dengan menentukan kelompok, membagikan alat dan bahan berupa kertas origami, karton tebal sebagai bahan utama pembuatan karya, gunting, pensil warna dan lem sebagai alat pembuatan karya, pembuatan karya Pop-up Book dengan tema flower(bunga), merancang, melipat,menggunti dan menempel(2) Hasil karya seni Pop-up Book lokal Bengkulu yang dibuat siswa telah memuat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa. Diantaranya memuat unsur titik, garis, bidang, warna, bentuk, tekstur dan gelap terang. Kemudian, prinsip pada karya seni Pop-up Book telah memenuhi prinsip-prinsip seni rupa yaitu prinsip kesatuan, proporsi, keseimbangan, penekanan dan keselarasan. Kata kuunci: Deskriptif, Karya, Seni Rupa, Pop-up Book.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:51
Last Modified: 11 Sep 2023 08:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15665

Actions (login required)

View Item View Item