STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM)DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-QURANIYAH BENGKULU SELATAN

WAROKA, CINDY and Sri, Ken Kustianti and Herman, Lusa (2020) STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM)DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-QURANIYAH BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CINDY WAROKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pelaksanaan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dalam pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Quraniyah Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV/A Madrasah Ibtidaiyah Al�Quraniyah Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah�langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunkan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakkan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada perencanaan diantaranya: (a) mentapkan tema, (b) identitas RPP, (c) menetapkan kompetensi inti/ KI, kompetensi dasar/ KD, (d) merumuskan indikator, (e) tujuan pembelajaran, (f) materi pembelajaran, (g) pendekatan/ metode, (h) alat/ media, (i) sumber pembelajaran, (j) penilaian; 2) Pada pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan pembelajaran Tematik dengan pendekatan PAKEM secara baik, 3) guru telah melaksanakan penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam pproses pembelajaran guru telah melaksanakan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan PAKEM secara optimal dan efektif. Kata Kunci: pendekatan PAKEM, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:52
Last Modified: 11 Sep 2023 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15670

Actions (login required)

View Item View Item