PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN KASUS PENCURIAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BENGKULU

Fitri, Handayani and Lidia, Br. Karo and Herlita, Eryke (2021) PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN KASUS PENCURIAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan bertujuan agar anak didik pemasyarakatan menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat. Tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan kasus pencurian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu dan untuk mengetahui faktor penghambat serta faktor pendukung pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan kasus pencurian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas II Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan penelitian hukum empiris atau sosiologis. Hasil penelitian pelaksanaan pembinaan anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu sudah berjalan sesuai Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : M.HH- 03.0T.02.02 Tahun 2014 tentang Pedoman Perlakuan Anak di Balai Pemasyarakatan Sementara (BAPAS), Lembaga Penempatan Anak Sementara (LPAS), Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA) di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia namun belum maksimal. Faktor penghambat dari anak didik pemasyarakatan dikarenakan minat dan bakat serta daya serap anak didik pemasyarakatan berbeda-beda, petugas pembinaan masih ada yang belum mendapatkan pelatihan, sarana dan prasarana yang terbatas, serta kerjasama dari instansi lain berhenti sementera dikarenakan Covid-19. Serta faktor pendukung yaitu anak didik pemasyarakatan yang mengikuti pembinaan keterampilan sehingga menjadi bekal dan mendapatkan ilmu, adanya kerja sama dengan instansi-instansi lainnya serta dari petugas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu yang bertanggung jawab dalam pengawasan, keamanan dan keselamatan anak didik pemasyarakatan. Kata Kunci : Anak Didik Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Pembinaan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:13
Last Modified: 11 Sep 2023 04:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item View Item