PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU

Ramadayanti, Fitri and Wurjinem, Wurjinem and Sri, Ken Kustianti (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FITRI RAMADAYANTI (A1G016091).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan model pembelajaran role playing pada kelas IV Sekolah Dasar (SD) yang dapat digunakan sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model 4-D. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Develop (Pengembangan). Validasi dilakukan oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi pembelajaran. RPP yang dikembangkan diberi nilai dan tanggapan oleh 8 guru SD Negeri di Kota Bengkulu. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif terhadap hasil penilaian validasi ahli dan tanggapan guru serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli dan tanggapan guru. Penelitian ini menghasilkan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan model pembelajaran role playing dengan penilaian dari ahli desain pembelajaran, materi pembelajaran dan kebahasan pada validasi RPP sebesar 94,6 dengan kategori sangat baik. Tanggapan guru sebesar 91 dengan kategori sangat baik. Jadi, penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa RPP menggunakan model pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik pada kelas IV SD dapat dikategorikan sebagai RPP yang sangat baik dan dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: RPP, Pengembangan, Role Playing, Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:53
Last Modified: 11 Sep 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15685

Actions (login required)

View Item View Item