HUBUNGAN KECERDASAN MORAL DENGAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS TINGGI SDN GUGUS I KOTA BENGKULU

Ramadani, Gina and Osa, Juarsa and Feri, Noperman (2020) HUBUNGAN KECERDASAN MORAL DENGAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS TINGGI SDN GUGUS I KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI GINA RAMADANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kecerdasan moral dengan sikap sopan santun siswa kelas tinggi SDN gugus I Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi yang terdiri dari kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kota Bengkulu yang berjumlah 350 siswa terdiri dari 3 SD yaitu SDN 1, SDN 6, dan SDN 7. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 35 responden yang diambil secara proporsional. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu Angket yang terdiri dari angket kecerdasan moral dan angket sopan santun. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product Momen dan uji t. Hasil perhitungan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,562, lebih besar dari rtabel 0,334 dan kontribusi kecerdasan moral sebesar 32 % terhadap sikap sopan santun siswa kelas tinggi SDN gugus I Kota Bengkulu. Dengan demikian dapat disimpulkan tedapat hubungan antara kecerdasan moral dengan sikap sopan santun siswa kelas tinggi SDN gugus I Kota Bengkulu. Kata Kunci: Kecerdasan Moral, Sopan Santun

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:53
Last Modified: 11 Sep 2023 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15686

Actions (login required)

View Item View Item