EFEKTIVITAS OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP PENANGANAN PRAKTIK “INSIDER TRADING” DI PASAR MODAL INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANGNOMOR 21 TAHUN 2011 TENTANG OTORITAS JASA KEUANGAN

Indah, Putri Hasian and Edi, Hermansyah and Ganefi, Ganefi (2021) EFEKTIVITAS OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP PENANGANAN PRAKTIK “INSIDER TRADING” DI PASAR MODAL INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANGNOMOR 21 TAHUN 2011 TENTANG OTORITAS JASA KEUANGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI INDAH PUTRI HASIAN (B1A016237).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Praktik kecurangan perdagangan orang dalam di Pasar Modal yaitu Insider Trading menimbulkan banyak kerugian baik bagi pihak perusahaan maupun bagi para investor. Maraknya terjadi praktik kecurangan perdagangan orang dalam Insider Trading di Pasar Modal Indonesia dari tahun ke tahun membuat efektivitas lembaga yang berwenang mengawasi dan menangani permasalahan tersebut dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Otoritas Jasa Keuangan terhadap penanganan praktik Insider Trading di Pasar Modal Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan serta bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang menghambat Otoritas Jasa Keuangan dalam melakukan penanganan tersebut. Efektivitas lembaga Otoritas Jasa Keuangan dapat dinilai dari membandingkan pengaturan di dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 dengan fakta lapangan yang terjadi yaitu banyaknya kasus Insider Trading yang terjadi dan tidak menemukan solusi dikarenakan banyak faktor penghambat sehingga Otoritas Jasa Keuangan sulit untuk melakukan penanganan. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan Undang-Undang (statute approach) dan Pendekatan Kasus (case approach). Bahan hukum penelitian terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier yang kemudian dianalisis dan diinterpretasikan menggunakan cara analisis yuridis kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan efektivitas Otoritas Jasa Keuangan terhadap penanganan Insider Trading belum cukup baik dikarenakan faktor aturan yang belum terlalu kompleks dan merinci, terbatasnya kewenangan yang dimiliki oleh Otoritas Jasa Keuangan, serta pembuktian kasus Insider Trading di persidangan tergolong sulit karena praktik Insider Trading dapat terjadi hanya dari obrolan biasa secara lisan, hal ini juga yang menyebabkan Otoritas Jasa Keuangan sulit mengawasi praktik Insider Trading di Pasar Modal Indonesia. Kata Kunci : Efektivitas, Otoritas Jasa Keuangan, Pasar Modal, Insider Trading.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:19
Last Modified: 11 Sep 2023 06:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15689

Actions (login required)

View Item View Item