PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN ANTARA PEDAGANG DENGAN PEMILIK TANAH DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Zahid, Abdurrahman and Sirman, Dahwal and Slamet, Muljono (2017) PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN ANTARA PEDAGANG DENGAN PEMILIK TANAH DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive
Skripsi_Abdurrahman_Zahid.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pasar merupakan area tempat jual beli barang dan atau tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pasar tradisional maupun pasar modern dan/atau pusat perbelanjaan, pertokoan, perdagangan maupun sebutan lainnya. Dalam pelaksanaan perjanjian antara pemilik tanah dengan pedagang dalam hal perjanjian sewa-menyewa lapak tidak selalu dapat terealisasikan dengan baik karena banyak pedagang yang sulit diatur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian antara pemilik tanah dengan pedagang dan upaya penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian antara pemilik tanah dengan pedagang di pasar tradisional Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang didapat pada permasalahan pertama bahwa pelaksanaan perjanjian antara pemilik tanah dengan pedagang yaitu dilaksanakan dalam bentuk perjanjian tertulis dan berbentuk sepihak karena ada pihak yang lebih dominan yaitu pemilik tanah dan hasil penelitian permasalahan kedua yaitu adanya wanprestasi yang dilakukan oleh pihak pedagang yaitu mereka tidak melakukan pembayaran lapak yang telah disewa, melakukan penjualan lapak kepada pihak lain, menyewakan lapak kepada pihak lain, dan pedagang mengosongkan lapak lebih dari 15 hari. Hal tersebut dianggap telah melanggar perjanjian sehingga kemudian diberikan teguran, jika teguran tidak diindahkan maka pemilik tanah akan membongkar lapak yang disewa oleh pedagang tersebut dan pemilik tanah tidak bertanggung jawab jika ternyata lapak tersebut telah berpindah tangan kepada pihak ketiga dengan cara apapun baik dengan menyewa atau membeli kepada penyewa sebelumnya, pembongkaran akan tetap dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:05
Last Modified: 31 Jan 2018 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15701

Actions (login required)

View Item View Item