PERANAN JAKSA PENGACARA NEGARA (JPN) DALAM MENGAJUKAN PROSES PEMBUBARAN PT. WIJAYA CIPTA PERDANA DI WILAYAH HUKUM KEJAKSAAN TINGGI BENGKULU

Rada, Rozalia and Joko, Susetyanto and Ganefi, Ganefi (2021) PERANAN JAKSA PENGACARA NEGARA (JPN) DALAM MENGAJUKAN PROSES PEMBUBARAN PT. WIJAYA CIPTA PERDANA DI WILAYAH HUKUM KEJAKSAAN TINGGI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RADA ROZALIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai peranan Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam mengajukan proses pembubaran PT. Wijaya Cipta Perdana serta untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh pihak Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam proses pengajuan pembubaran PT Wijaya Cipta Perdana di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini dapat dikategorikan ke dalam penelitian hukum empiris. Hukum empiris dapat dikonsepkan sebagai suatu gejala empiris yang dapat diamati dalam kehidupan nyata dan data yang diperoleh dengan terjun langsung kemasyarakat (data lapangan). Dari hasil yang telah diperoleh oleh peneliti ialah kejaksaan mempunyai wewenang untuk mengajukan permohonan pembubaran suatu perseroan yang dalam hal ini penuntutannya diwakili oleh JPN (Jaksa Pengacara Negara) yang nantinya akan bertindak sebagai pemohon atas pembubaran PT. Wijaya Cipta Perdana yang atas tugasnya akan diberikan surat kuasa khusus dari kepala kejaksaaan langsung. Setelah dilakukannya proses persidangan di Pengadilan Negeri Bengkulu maka Pengadilan membenarkan bahwa PT. Wijaya Cipta Perdana memang telah melanggar kepentingan umum dan peraturan perundangan selanjutnya Pengadilan menetapkan PT. Wijaya Cipta Perdana harus dibubarkan. Dalam upaya untuk melindungi dan mencegah kerugian terhadap negara akibat adanya korupsi yang dilakukan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Kata kunci : Peranan, JPN, Pembubaran PT.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:04
Last Modified: 11 Sep 2023 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15707

Actions (login required)

View Item View Item