KEKUATAN KLAUSULA BAKU TERHADAP KEHILANGAN KENDARAAN BERMOTOR DI LAHAN PARKIRAN MALL BERDASARKAN PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR : 2157/K/Pdt/2010

ZANIJ DEANADA, ANDRE and Hamdani, Ma’akir and Joko, Susetyanto (2017) KEKUATAN KLAUSULA BAKU TERHADAP KEHILANGAN KENDARAAN BERMOTOR DI LAHAN PARKIRAN MALL BERDASARKAN PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR : 2157/K/Pdt/2010. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive
Skripsi Andre Zanij D.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan perjanjian baku dalam melakukan suatu kontrak kerjasama dapat dilakukan seiring perkembangan zaman, namun penggunaan perjanjian tersebut sering menimbulkan pro dan kontra. Seperti perjanjian baku yang tertera di karcis parkir masuk Mall yang salah satu klausulnya mengatakan segala bentuk kehilangan kendaraan beserta barang didalamnya bukan merupakan tangung jawab pengelola parkir. Penelitian ini merupakan studi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor: 2157/K/Pdt/2010. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kekuatan perjanjian baku yang ada di karcis parkir masuk Mall serta untuk mengetahui apakah Putusan Hakim tersebut sudah memberikan keadilan bagi kedua belah pihak. Untuk mendapatkan jawaban secara ilmiah, maka permasalahan tersebut diteliti dengan menggunakan metode yuridis normatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usaha parkir merupakan usaha penitipan barang maka pengelola bertanggung jawab jika terjadinya kehilangan maka pengelola parkir yang bertanggung jawab untuk mengganti rugi. Perjanjian baku yang salah satu klausul tersebut mengalihkan pertanggung jawaban dapat dikatakan batal demi hukum sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pasal 18 ayat 1 poin a. Perjanjian baku tetap dapat diberlakukan selama sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dan juga Putusan Hakim tersebut sudah memberika keadilan bagi kedua bela pihak karena telah sesuai dengan peraturan Perundang-undangan di Indonesia. Serta memberikan informasi kepada masyarakat jika masih klausul pengalihan pertanggung jawaban tersebut masih tertera maka klausul tersebut tidak dapat berlaku atau batal demi hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:16
Last Modified: 31 Jan 2018 08:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

View Item View Item