META ANALYSIS EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA

Putri, Nurhasanah Dwi and Nani, Yuliantini and Resnani, Resnani (2020) META ANALYSIS EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NURHASANAH DWI PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar efektivitas hasil belajar siswa SD dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media. Metode yang digunakan adalah meta analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada delapan belas jurnal yang telah diterbitkan secara nasional di Indonesia. Sampel pada penelitian ini yaitu sepuluh jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2010-2019 pada jenjang SD, yaitu penelitian eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media terhadap hasil belajar siswa SD. Berdasarkan analisis data, besar efektivitas hasil belajar siswa SD dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berbantuan media pada mata pelajaran IPA sebesar 43,562 dengan kategori sedang dan pada mata pelajaran IPS sebesar 49,053 dengan kategori sedang. Secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata sebesar 46,30 dengan kategori efek sedang. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berbantuan media efektif terhadap hasil belajar siswa SD. Kata Kunci: Meta Analysis, Scramble, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:54
Last Modified: 11 Sep 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item View Item