PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS 4 SD NEGERI 75 KOTA BENGKULU

pratama, Okasoni and Herman, Lusa and Lukman, Lukman (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS 4 SD NEGERI 75 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi oka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena perangkat pembelajaran guru masih kurang memenuhi standar seperti urutan komponen penyusun RPP kurang sesuai, tujuan pembelajaran yang tidak menggunakan unsur ABCD, indikator yang tidak menggunakan level kognitif, sintaks yang seadanya, tidak menggunakan LKPD, dan bahan ajar yang kurang sehingga memungkinkan siswa pasif dalam belajar. Jadi dengan adanya masalah diatas peneliti bertujuan untuk mengghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament pada kelas IV Sekolah Dasar (SD) yang dapat digunakan sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model 4-D. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Develop (Pengembangan). Validasi dilakukan oleh ahli kurikulum. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan diberi nilai dan diuji kepraktisannya oleh dua (2) orang guru SD Negeri 75 di Kota Bengkulu. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif terhadap hasil penilaian validasi ahli dan kepraktisan serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli dan angket kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran Tematik menggunakan model TGT dengan penilaian dari ahli kurikulum sebesar 83.07 untuk silabus dan 87.5 untuk RPP dengan kategori sangat valid dan angket kepraktisan sebesar 94,63 dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT, kategori sangat baik sebagai produk pengembangan. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, Pengembangan, Teams Games Tournament, tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:54
Last Modified: 11 Sep 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15720

Actions (login required)

View Item View Item