STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Arlinka, Rara Mirita and Sri, Ken Kustianti and Wurjinem, Wurjinem (2020) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RARA MIRITA ARLINKA A1G016113 PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SD Negeri 02 Kota Bengkulu melalui ruang lingkup lingkungan fisik GLS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas (kelas rendah dan kelas tinggi) SDN 02 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data gerakan literasi sekolah (GLS) dilakukan dengan menelaah data kemudian direduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) dibahas dengan melihat 6 komponen ruang lingkup lingkungan fisik gerakan literasi sekolah (GLS) yang ada di SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Hasil penelitian yaitu telah tersedianya fasilitas dari sarana dan prasarana dalam komponen GLS (1) Literasi dini dengan adanya koleksi gambar pajangan dan tingkatan buku siswa, (2) Literasi dasar dengan adanya area baca dan membuat pojok baca, (3) Literasi perpustakaan dengan penyediaan sarana perpustakaan dan memiliki variasi buku, (4) Literasi media tersediannya media pembelajaran, adanya bahan bacaan teks dan sekolah memajang hasil karya siswa, (5) Literasi teknologi dengan penggunaan sarana komputer, dan (6) Literasi visual adanya sarana pendukung pembelajaran. Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:54
Last Modified: 11 Sep 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15721

Actions (login required)

View Item View Item