RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL 4 VARIETAS KEDELAI (Glycine Max L.) TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK VERMIKOMPOS PADA LAHAN PESISIR

Sepka, Patihul Mubin and Nanik, Setyowati and Hesti, Pujiwati (2022) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL 4 VARIETAS KEDELAI (Glycine Max L.) TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK VERMIKOMPOS PADA LAHAN PESISIR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - Sepka Patihul Mubin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan produksi kedelai dihadapkan pada kendala kurangnya lahan produktif untuk budidaya. Upaya peningkatan produksi kedelai dapat diarahkan dengan menggunakan lahan pesisir sebagai lahan budidaya. Budidaya kedelai pada lahan pesisir dihadapkan pada kendala tingkat kesuburan tanah yang rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai di lahan pesisir yaitu dengan penambahan pupuk vermikompos dan penggunaan varietas unggul. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan kombinasi antara varietas kedelai dengan dosis pupuk vermikompos terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai pada lahan pesisir, (2) menentukan varietas kedelai terbaik yang sesuai untuk dibudidayakan pada lahan pesisir, dan (3) menentukan dosis pupuk vermikompos terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai pada lahan pesisir. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2020 di Kuala Alam Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah varietas kedelai yang terdiri atas 4 taraf, yaitu : Detap 1, Devon 1, Gepak Kuning, dan Dering 1. Faktor kedua adalah dosis pupuk vermikompos yang terdiri atas 4 taraf, yaitu: 0 ton/ha, 5 ton/ha, 10 ton/ha, dan 15 ton/ha. Setiap satuan percobaan terdiri dari 24 tanaman dengan jumlah sampel perpetakan yaitu 5 tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara varietas kedelai dan pupuk vermikompos terhadap variabel umur panen, namun tidak pada variabel lainnya. Penggunaan varietas kedelai Gepak Kuning menunjukkan rataan hasil lebih (196,63 kg/ha) tinggi dibandingkan varietas Dering 1 (190,45 kg/ha), Detap 1 (171,33 kg/ha) dan Devon 1 (87,2 kg/ha). Pemberian berbagai dosis vermikompos menunjukkan pengaruh yang nyata terhadap variabel umur panen, umur panen dengan pemberian berbagai dosis vermikompos berkisar anatara 88,41 – 89,58 HST lebih lama jika dibandingkan dengan tanpa pemberian vermikompos (kontrol) yaitu 82,83 HST.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:26
Last Modified: 12 Sep 2023 04:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15739

Actions (login required)

View Item View Item