ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DENGAN GURU DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Lestari, Kiki and Supadi, Supadi and Bambang, Djunaidi (2022) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DENGAN GURU DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI KIKI LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran kesantuan berbahasa siswa dengan guru pada saat kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia kelas X Jurusan Kecantikan di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa dengan guru di kelas X Jurusan Kecantikan SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik rekaman. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahapan: (1) Mentranskripsi hasil rekaman, (2) Mengidentifikasi data, (3) Mengklasifikasi data, (4) Menginterpretasi data, dan (5) Menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran kelas X Jurusan Kecantikan di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu ditemukan data tuturan kesantunan berbahasa yang terdiri atas 16 pematuhan kesantunan berbahasa siswa dengan guru yang meliputi: Pematuhan maksim-maksim (1) kebijaksanaan dengan indikator yaitu memberikan banyak pilihan kepada mitra tutur (2) kedermawanan dengan indikator yaitu mengurangi keuntungan diri sendiri dan menambah keuntungan mitra tutur (3) pujian dengan indikator yaitu memberikan penghargaan berupa ucapan yang menyenangkan (4) kerendahan hati dengan indikator yaitu penutur dapat mengurangi pujian terhadap diri sendiri (5) kemufakatan dengan indikator yaitu menghindari pembicaraan yang berbeda dari topik pembicaraan. Data tuturan pelanggaran kesantunan berbahasa terdiri dari 11 pelanggaran kesantunan berbahasa yang meliputi: Pelanggaran maksim-maksim (1) kebijaksanaan dengan indikator yaitu tidak memberikan banyak pilihan kepada mitra tutur (2) kesimpatian dengan indikator yaitu tidak mengungkapkan perasaan peduli dan (3) kemufakatan dengan indikator yaitu tidak menghargai mitra tutur. Kesantunan berbahasa siswa dengan guru di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu tidak ditemukan tuturan yang mengandung pelanggaran maksim kedermawanan, maksim kerendahan hati dan maksim pujian atau penghargaan. Kata kunci: Kesantunan berbahasa siswa dengan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:46
Last Modified: 12 Sep 2023 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item View Item