STRATEGI DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF KOTA BENGKULU DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI PANJANG SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA UNGGULAN DAERAH

Simanihuruk, Andri and Sugeng, Suharto and Nursanty, Nursanty (2016) STRATEGI DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF KOTA BENGKULU DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI PANJANG SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA UNGGULAN DAERAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANDRI SIMANIHURUK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Skripsiiniberjudul: “Strategi Dinas Pariwisatadan Ekonomi Kreatif Kota Bengkulu dalam pengembangan kawasan wisata Pantai Panjang sebagai destinasi pariwisata unggulan daerah.Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bengkulu adalah sebagai salah satu organisasi pemerintah di Kota Bengkulu yang mengemban tugas dalam menyelenggarakan urusan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan Strategis yang Dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bengkulu dalam pengembangan objek wisata Pantai Panjang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk keakuratan data yang dihimpun. Informan berjumlah 8 (delapan ) orang dengan 3(tiga) orang dari Dinas Pariwisatadan Ekonomi Kreatif Kota Bengkulu dan 5(lima) orang dari Wisatawan Pantai Panjang. Dalam hal pengambilan data, peneliti melakukan depth interview(wawancara mendalam), observasi dan dokumentasi pada informan dan di lokasi penelitian, sehingga data dapat diperoleh secara maksimal.Untuk menjawab penelitian yang dimaksud penulis, dilakukan penelitian dengan berpedoman pada aspek-aspek penelitian dari(Suwantoro, 1997 : 57) yaitu :a.Prioritas pengembangan objek wisata Pantai Panjang dimana prioritas pengembangannya terfokus pada mewujudkan tujuh Sapta Pesona, b.Pengembangan pusat-pusat penyebaran kegiatan wisatawan di Pantai Panjang dimana wisatawan dapat melakukan setiap kegiatan seperti olah raga, jogging, berkemah dan lain-lain dimana disetiap pusat kegiatan berada pada tempat yang berbeda-beda, dan c.Prasarana dan sarana yang di Pantai Panjang dimana semua prasarana dan sarana sebagai fasilitas dan faktor penunjang bagi wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata. Untuk Pengembangan Kawasan Objek Wisata Pantai Panjang sebagai Destinasi Pariwisata perlu pengembangan dalam hal yang paling mendasar terlebih dahulu, dalam hal ini di sebut Sapta Pesona yaitu: aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.Untuk pusat-pusat kegiatan wisatawan telah terkordinasi dengan baik, dan sarana prasarana yang tersedia sudah mencukupi hanya perlu sedikit penambahan untuk dapat menarik minat wisatawan dan menciptakan kepuasan tersendiri setelah berwisata ke Pantai Panjang. Kata kunci: Strategi, Pengembangan Kawasan Objek Wisata

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Feb 2018 02:49
Last Modified: 01 Feb 2018 04:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15744

Actions (login required)

View Item View Item