PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS EDITORIAL BERBASIS PEDAGOGI GENRE KURIKULUM 2013 KELAS XII SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Andira, Ratih and Arono, Arono and Wisman, Wisman (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS EDITORIAL BERBASIS PEDAGOGI GENRE KURIKULUM 2013 KELAS XII SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Ratih Andira A1A017018 .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terbatasnya LKPD teks editorial berbasis pedagogi genre dan LKPD yang ada baru sebatas LKPD berbasis teks. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) teks editorial berbasis pedagogi genre yang berpedoman pada kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and development) atau R&D, dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, and Evaluation), namun dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan, dan uji validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, dengan instrumen penelitiannya yaitu lembar penilaian bahan ajar, lembar analisis kebutuhan bahan ajar guru, Lembar validasi ahli, dan Lembar respon peserta didik. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan oleh penulis yaitu menghasilkan suatu produk bahan ajar berupa LKPD teks editorial yang layak digunakan, hal tersebut dibuktikan pada (1) Bahan ajar yang digunakan guru berkriteria cukup dengan skor 59 dan 56, Kemudian pada tahapan analisis kebutuhan guru mengharapkan bahan ajar yang sistematis dan praktis untuk dikembangkan, (2) Bahan ajar didesain sangat maksimal oleh penulis, (3) Pengembangan LKPD melalui empat tahapan yaitu menentukan KI dan KD, Mendesain sampul, Membuat kerangka LKPD, dan merealisasikan kerangka kedalam bentuk LKPD, (4) Produk LKPD berkategori sangat valid dengan skor 98,4 dan sangat praktis dengan skor 86. Kata kunci : Pengembangan LKPD, Teks Editorial, Pedagogi Genre.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:48
Last Modified: 12 Sep 2023 07:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15752

Actions (login required)

View Item View Item