PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Dea, Destarina and M Arifin, M Arifin and Noermanzah, Noermanzah (2022) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DEA DESTARINA SKRIPSI FILE BAKAR CD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan evaluasi pembelajaran teks hikayat pada masa pandemi Covid-19 berbeda dengan yang selama ini dilakukan oleh guru bahasa Indonesia. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran teks hikayat yang dilaksanakan oleh guru bahasa Indonesia selama pandemi covid-19 pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, penulis ingin melihat bagaimana pelaksanaan evaluasi pada pembelajaran teks hikayat yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X selama masa pandemi Covid-19. Subjek pada penelitian ini adalah ibu Eka Darlina, M.Pd sebagai guru bahasa Indonesia yang melaksanakan evaluasi pembelajaran teks hikayat pada siswa kelas X. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran teks hikayat selama pandemi covid-19 guru memanfaatkan media online yaitu aplikasi Google Form dan Google Classroom sebagai media pelaksanaan evaluasi pembelajaran khususnya pada teks hikayat. Prosedur penilaian yang disusun oleh guru dengan menyiapkan RPP dan LKPD, menentukan tujuan penilaian, menyusun kisi-kisi, menyiapkan instrumen penilaian, penyampaian hasil penilaian, dan manfaat penilaian yang dilaksanakan pada evaluasi pembelajaran teks hikayat. Jenis evaluasi pembelajaran yang digunakan guru adalah jenis evaluasi formatif dan alat evaluasi yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran dalam bentuk subjektif atau soal-soal dalam bentuk essay. Kata kunci: Pelaksanaan evaluasi pembelajaran teks hikayat, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:49
Last Modified: 12 Sep 2023 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item View Item