PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN PEMAHAMAN PENGENDALIAN INTERN PPK-SKPD TERHADAP KETERANDALAN INFORMASI LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur)

Robiyanti, Lilik and Fahrudin, Js. Pareke and Muhartini, Salim (2017) PENGARUH PEMAHAMAN SISTEM AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN PEMAHAMAN PENGENDALIAN INTERN PPK-SKPD TERHADAP KETERANDALAN INFORMASI LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
LILIK ROBIYANTI (TESIS).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemahaman sistem akuntansi pemerintahan dan pemahaman pengendalian intern PPK-SKPD terhadap keterandalan informasi laporan keuangan Penelitian dilaksanakan pada seluruh pejabat penatausahaan keuangan (PPK) SKPD di Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Penentuan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 113 responden. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item pernyataan untuk variabel pemahaman sistem akuntansi pemerintahan, pemahaman pengendalian intern dan variabel keterandalan informasi laporan keuangan dalam kuesioner valid dengan signifikansi 5% dan reliabel karena memiliki nilai Cronbach Alpha > 0,70, yang berarti bahwa pernyataan-pernyataan yang terdapat pada kuesioner dapat digunakan sebagai alat mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pemahaman sistem akuntansi pemerintahan dan pemahaman pengendalian intern berpengaruh positif signifikan terhadap keterandalan informasi laporan keuangan baik secara parsial maupun simultan. Hal ini berarti bahwa jika PPK-SKPD memahami tentang sistem akuntansi pemerintahan dan pengendalian intern, maka informasi dalam laporan keuangan akan semakin andal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 01 Feb 2018 03:51
Last Modified: 01 Feb 2018 03:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15759

Actions (login required)

View Item View Item