PERJANJIAN KERJASAMA BAGI HASIL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ANTARA PT. METATANI PALMA ABADI DENGAN MASYARAKAT DESA SELINSINGAN KECAMATAN SELUMA UTARA KABUPATEN SELUMA

IRAMAYASARI, FEBBY and Slamet, Muljono and Edytiawarman, Edytiawarman (2017) PERJANJIAN KERJASAMA BAGI HASIL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ANTARA PT. METATANI PALMA ABADI DENGAN MASYARAKAT DESA SELINSINGAN KECAMATAN SELUMA UTARA KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive
SKRIPSI FEBBY IRAMAYASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tidak terlaksananya perjanjian bagi hasil antara PT. Metatani Palma Abadi dengan Masyarakat Desa Selinsingan Kecamatan Seluma Utara dan apa bentuk tanggung jawab PT. Metatani Palma Abadi terhadap masyarakat dengan adanya perjanjian bagi hasil yang tidak terlaksana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapat pada permasalahan pertama bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perjanjian bagi hasil tidak terlaksana yaitu bibit yang gagal, penanaman yang tidak berhasil, dan hasil yang didapat sangat sedikit tidak mencapai target sehingga tidak cukup untuk dibagi dengan masyarakat Desa Selinsingan dan hasil penelitian permasalahan kedua yaitu dengan adanya kerugian yang ditimbulkan oleh perjanjian bagi hasil yang tidak terlaksana maka PT. Metatani Palma Abadi akan melakukan yaitu, klarifikasi tentang keadaan PT. Metatani Palma Abadi saat ini dan menjelaskan sebab-sebab perjanjian bagi hasil tidak terlaksana pada masyarakat, selain itu PT. Metatani Palma Abadi juga akan melakukan ganti rugi dengan sejumlah uang yaitu untuk tanah yang sudah ditanamai dan menghasilkan buah akan diberikan ganti kerugian Rp. 100.000 perbatang dan untuk yang belum mengasilkan buah akan diberikan ganti kerugian Rp. 50.000 perbatang, sedangkan untuk tanah yang belum ditanami akan diberikan ganti kerugian sebesar Rp. 2.000.000 perhektar sesuai dengan lahan plasma milik masyarakat, yang digunakan untuk mengganti bagian hasil panen yang tidak diterima masyarakat Desa Selinsingan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:15
Last Modified: 01 Feb 2018 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15763

Actions (login required)

View Item View Item