PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS/CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Wahidah, Hijriatul and Padi, Utomo and Arono, Arono (2022) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS/CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI - HIJRIATUL WAHIDAH (A1A017031).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif terpadu membaca dan menulis/CIRC pada pembelajaran menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. subjek pada penelitian ini guru yang melaksanakan pembelajaran dan siswa yang sedang melaksanakan proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis/ CIRC. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan mengguanakan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis/CIRC dilaksanakan sesuai dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dirancang oleh guru pada masa pandemi, Guru memberikan materi pembelajaran dengan alokasi waktu 60 menit dalam satu pertemuan dengan satu pertemuan dilakukan sebanyak dua fase pembelajaran dikarenakan faktor pandemi. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis dilaksanakan dua kali pertemuan, kemudian guru memberi penilaian pada hasil pembelajaran berdasarkan kriteria penilaian yang terdapat pada rubrik dan disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru. Kata kunci : pembelajaran, pelaksanaan, menulis, puisi, membaca,CIRC .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:57
Last Modified: 13 Sep 2023 02:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15775

Actions (login required)

View Item View Item