EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU

FITRIANI, DESI and Jarto, Tarigan and Yorry, Hardayani (2016) EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DESI FITRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan kebijakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) diatur dalam Peraturan Presiden pasal (6) Nomor 26 Tahun 2009 tentang penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara Nasinal, dan Perpres Nomor 35 Tahun 2010 tentang perubahan atas Perpres Nomor 26 Tahun 2009 yang bertujuan untuk terbangunnya penyimpanan database kependudukan yang akurat di tingkat kab. Atau kota, provinsi dan pusat dengan menggunakan rekaman elektronik berupa biodata, tanda tangan, pas foto, dan sidik jari tangan penduduk yang bersangkutan. Secara umum tujuan kebijakan ini yaitu menghindari adanya kemungkinan seseorang memiliki lebih dari satu KTP Konvensional. Dikarenakan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk seluruh Indonesia. Hal ini kemudian memberi peluang penduduk yang ingin berbuat curang terhadap Negara dengan menduplikasi KTP-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendapatkan data dan mendeskripsikan tentang Efektivitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang dilakukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu Efektivitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (E- KTP) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipill Kota Bengkulu, yang penelitiannya dilaksanakan pada Tanggal 07 Juni – Juli 2016. Aspek yang digunakan mengadopsi Teori Richard M. Steers dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Pengertian, prinsip, dan komponen standar pelayanan, yakni kualitas pelayanan, kuantitas kerja dan ketepatan waktu. Lokus analisis pada penelitian ini adalah kelembagaan dan individu, lembaga yang menjadi unit analisis pada penelitian ini adalah DUKCAPIL Kota Bengkulu terkhususnya bidang (E-KTP), dan individu yang menjadi unit analisisnya adalah masyarakat pengguna Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Sasaran penelitian yang terdiri dari informan yang berjumlah 15 orang yang dianggap dapat mewakili dan memahami permasalahan yang diteliti. Dalam melakukan pengumpulan data yang diperlukan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu belum Efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya pro dan kontra pada disetiap aspek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan ditemui bahwa dalam Kualitas pelayanan yang meliputi pendaftaran masih terhambat dan tidak efektif. Untuk petugas pelayanan pencetakan E-KTP kurang efektif karena seharusnya dilakukan oleh petugas SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) akan tetapi pada kenyataannya masih dibantu oleh tenaga honorer. pengambilan/pendistribusian masih terhambat dikarenakan masih ditemukan kesalahan dalam penulisan nama maupun alamat pemilik E-KTP. Waktu dalam pencetakan belum efektif karena tidak sesuai dengan SOP yang ada. Kata kunci: Efektivitas, Pelayanan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Feb 2018 07:45
Last Modified: 01 Feb 2018 07:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item