ANALISIS PERUBAHAN STABILITAS AGREGAT DAN KADAR LENGAS TANAH AKIBAT PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP TANAMAN KUBIS (Brassica oleraceae L.) DI ULTISOL

Candra, Ardian and Bambang, Gonggo Murcitro and Heru, Widiyono (2022) ANALISIS PERUBAHAN STABILITAS AGREGAT DAN KADAR LENGAS TANAH AKIBAT PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP TANAMAN KUBIS (Brassica oleraceae L.) DI ULTISOL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - Candra Ardian E1F015026.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Salah satu permasalahan tanah marginal adalah rendahnya kadar bahan organik tanah, daya simpan lengas tanah dan stabilitas agregat tanah. Pada kondisi tersebut pertumbuhan tanaman kubis akan terganggu karena akar tidak bisa berkembang dengan maksimal serta kekurangan nutrisi tanaman. Sehingga perlu upaya untuk memperbaiki tanah marginal. Penambahan pupuk kandang ayam diharapkan mampu meningkatkan stabilitas agregat dan kadar lengas tanah ultisol sehingga pertumbuhan kubis dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan agregat stabil dan kadar lengas tanah ultisol akibat pemberian pupuk kandang ayam, serta untuk melihat pertumbuhan kubis akibat pemberian pupuk kandang ayam di tanah ultisol. Penelitian telah dilakukan pada Desember 2020 sampai dengan Februari 2021 di Zona Pertanian Universitas Bengkulu pada ketinggian tempat ±100 mdpl. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL). Perlakuan dalam penelitian ini dosis pupuk kandang ayam yang terdiri atas 5 taraf yaitu kontrol, 7,5 ton/ha, 15 ton/ha, 22,5 ton/ha, dan 30 ton/ha. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan analisis varian (ANAVA) pada taraf 5%. Untuk mendapatkan dosis pupuk kandang ayam yang terbaik dilakukan dengan metode DMRT taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kandang ayam dengan dosis 7,5 ton/ha sudah mampu meningkatkan stabilitas agregat stabil total tanah dan kadar lengas sesaat. Pemberian pupuk kandang ayam dengan dosis 7,5 ton/ha sudah mampu meningkatkan diameter batang kubis umur 15 hst, 30 hst dan 45 hst, serta jumlah daun umur 15 hst dan 30 hst. Selanjutnya pemberian pupuk kandang ayam dengan dosis 15 ton/ha sudah mampu meningkatkan tinggi tanaman kubis umur 15 hst.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 13 Sep 2023 01:52
Last Modified: 13 Sep 2023 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15781

Actions (login required)

View Item View Item