ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN KEBUN(PUSKESBUN)DI PTPN VII UNIT USAHA PADANG PELAWI KABUPATEN SELUMA

NovitaSari, Devi and Kahar, Hakim and Suratman, Suratman (2016) ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN KEBUN(PUSKESBUN)DI PTPN VII UNIT USAHA PADANG PELAWI KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Devi NovitaSari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Analisis pelayanan kesehatan di PTPN VII Unit Usaha Padang Pelawi Kabupaten Seluma “. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendapatkan data dan selanjutnya mendeskripsikan tentang kualitas pelayanan publik bidang pelayanan Kesehatan Puskesbun di PTPN VII Unit Usaha Padang Pelawi Kabupaten Seluma.Puskesbun di PTPN Unit Usaha Padang Pelawi Kabupaten Seluma merupakan salah satu Puskesmas yang ada di wilayah kerja PTPN VII.Puskesbun yang hanya untuk karyawan PTPN. Puskesbun di PTPN VII Unit Usaha Padang Pelawi Kabupaten Seluma dalam memberikan pelayanan kepada masyakat sama dengan Puskesmas pada umumnya. Dengan standar pelayanan minimal mengacu pada Standar Pelayanan Minimal Kesehatan Di Puskesmas.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif dengan metode kualitatif.Populasi dan Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode Purposive Sampling.Sasaran penelitian ini adalah petugas kesehatan dan Pasien Puskesbun di PTPN VII Unit Usaha Padang Pelawi Kabupaten Seluma.Aspek penelitian yang digunakan terbagi menjadi 6 aspek. Dari hasil penelitian terhadap ke 6 (enam) aspek ini dapat dilihat bahwa aspek Realibility (kehandalan)telah dilaksanakan dengan baik yaitu mengenai prosedur pelayanan yang mudah dan sederhana serta efisien waktu pelayanan, aspek Responsiveness (Cepat Tanggap) telah dilaksanakan dengan baik yaitu mengenai ketanggapan petugas kesehatan Puskesbun di PTPN VII Unit Usaha Padang Pelawi untuk membantu kesulitan pasien dan kesiapan petugas dalam memberikan pelayanan yang objektif, aspek Assurance (Jaminan) sudah dilaksanakan dengan baik yaitu mengenai keterampilan dan kecakapan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan kesesuaian obat yang diberikan Puskesbun di PTPN VII Unit Usaha Padang Pelawi Kabupaten Seluma kepada pasien, aspek Emphaty (perhatian) sudah dilaksanakan dengan baik yaitu mengenai kesiapan pegawai dalam memperhatikan dan mendengarkan keluhan pasien serta komunikasi antara pasien dengan petugas kesehatan, Tangibles (Bukti-Bukti) telah dilaksanakan dengan baik yaitu mengenai ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan serta ketersediaan fasilitas penunjang pelayanan kesehatan di Puskesbun di PTPN VII Unit Usaha Padang Pelawi Kabupaten Seluma. Kata kunci : Puskesbun,Pelayanan Kesehatan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Feb 2018 07:58
Last Modified: 01 Feb 2018 07:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item View Item