Peranan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Dalam Pelaksanaan Perpanjangan Izin Trayek Angkutan Kota Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 6 tahun 2012

SIAGIAN, EFSANY INRIANA and Mirza, Yasben and Adityo, Pratikno Ramadhan (2016) Peranan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Dalam Pelaksanaan Perpanjangan Izin Trayek Angkutan Kota Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 6 tahun 2012. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi efsany ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (82MB)

Abstract

Pada saat ini aktivitas masyarakat Kota Bengkulu sedang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mengakibatkan peningkatan intensitas mobilitas perjalanan orang dari dan ke tujuan kegiatan. Angkutan kota merupakan salah satu transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Kota Bengkulu. Agar angkutan dapat beroperasi maka perlu adanya izin trayek. Sebanyak 1.175 unit armada angkutan kota ijin trayeknya dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, sebanyak 168 armada angkutan kota izin trayeknya telah habis masa berlakunya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan yang dihasilkan dilihat dari dua aspek yaitu: menyusun rencana/ program kegiatan seksi angkutan orang dan memproses izin operasi angkutan orang sesuai dengan trayek. Dari menyusun rencana/ program kegiatan seksi angkutan orang terlihat bahwa dalam hal pelayanan melakukan perpanjangan izin trayek sesuai prosedur sudah optimal terlihat dari pemilik angkutan kota mengetahui bagaiman prosedur perpanjangan izin trayek. Dishubkominfo juga melakukan peranannya dalam pengawasan, pengawasan dilakukan dengan menggunakan kartu pengawasan dan turun kelapangan dan memberikan surat pemberitahun untuk meregistrasi izin angkutan kota. Dalam memproses izin angkutan orang sesuai dengan trayek Dishubkominfo melakukan perananya dengan layanan, melakukan pelayanan yang cepat dan mudah dalam memperpanjang izin trayek, pembinana dan sosialisasi, evaluasi dan laporan. Hambatan yang dihadapi adalah adalah sulit menghubungi pemilik angkutan kota mengenai masa izin trayek yang sudah habis masa berlakunya dan sikap tidak peduli oleh pemilik angkutan. Kata Kunci: Peranan, Perizinan, Izin Trayek, Transportasi, Angkutan Kota.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:05
Last Modified: 01 Feb 2018 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15786

Actions (login required)

View Item View Item