PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 REJANG LEBONG

Putriani, Ayu and Noermanzah, Noermanzah and Didi, Yulistio (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Ayu Putriani A1A018059.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan menulis teks eksplanasi pada kelas XI SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, berdasarkan pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi di kelas XI SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS sudah dilaksanakan dengan tiga tahapan: pertama, kegiatan pendahuluan, guru mengucapkan salam, menyapa siswa, menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis, melakukan apersepsi dengan cara tanya jawab dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kedua, kegiatan inti pembelajaran, guru mengajak siswa memahami pengertian dan ciri-ciri teks eksplanasi, mengindentifikasi informasi pengetahuan dan deretan penjelas teks eksplanasi, menganalisis struktur dan kebahasaan, dan memproduksi teks eksplanasi. Ketiga, kegiatan penutup, guru menyimpulkan materi pembelajaran dengan melibatkan siswa sehingga guru mengetahui pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpedoman pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran direncanakan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan project based learning, akan tetapi dalam proses pembelajaran, penerapan model pembelajaran tersebut pelaksanaaanya belum maksimal. Penilaian yang dilakukan guru baru sekadar penilaian psikomotor, sedangkan penilaian sikap dan kognitif tidak dilakukan. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Menulis, Teks Eksplanasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:01
Last Modified: 13 Sep 2023 03:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item View Item