KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 REJANG LEBONG

Aldona, Devia and Ria, Ariesta and Padi, Utomo (2022) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DEVIA ALDONA (A1A018067)..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan menulis teks prosedur sudah dipelajari di kelas VII dan peneliti ingin membantu guru memetakan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMPN 2 Rejang Lebong. Potensi yang dimiliki siswa salah satunya kemampuan menulis teks prosedur dalam aspek struktur teks prosedur dan juga siswa dilengkapi dengan sarana prasarana sekolah yang mendukung. Untuk itu, tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong pada aspek isi, struktur, diksi, penggunaan kalimat dan mekanik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong yang berjumlah 341 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling yaitu sebanyak 15% dari jumlah populasi yaitu 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu diberikan kepada siswa tugas menulis teks prosedur. Kemampuan menulis teks prosedur ini dinilai dari lima aspek yaitu, isi teks, struktur, diksi, penggunaan kalimat, dan mekanik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistika sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong adalah 82,63 yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan perhitungan nilai rata-rata 82,63 yang juga berarti bahwa siswa telah memiliki kemampuan menulis teks prosedur yang baik tetapi belum maksimal. Hasil penelitian secara khusus, bahwa aspek (1) isi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 25,38, (2) aspek struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 16,99, (3) aspek diksi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 16,59, (4) aspek penggunaan kalimat termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 16,26, (5) aspek mekanik termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 7,51. Kata kunci: Kemampuan, menulis, teks Prosedur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:01
Last Modified: 13 Sep 2023 03:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15790

Actions (login required)

View Item View Item