IMPLEMENTASI PENAGIHAN PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA ARGAMAKMUR KOTA BENGKULU

WATI, SISKA and Mirza, Yasben and Nursanty, Nursanty (2016) IMPLEMENTASI PENAGIHAN PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA ARGAMAKMUR KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SISKA OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (94MB)

Abstract

Pajak merupakan suatu kewajiban yang harus dibayar oleh setiap warga negara kepada negaranya, termasuk Indonesia. Negara Kesatuan Republik Indonesia, merupakan negara hukum berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Negara yang menjunjung tinggi hak dan kewajiban setiap orang serta mengutamakan gotong royong dan musyawarah mufakat. Oleh sebab itu, Indonesia menempatkan perpajakan sebagai salah satu perwujudan kewajiban kenegaraan dalam upaya kegotong-royongan nasional sebagai peran serta masyarakat dalam membiayai pembangunan. Pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan nasional dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ilmiah yang dilakukan untuk mengetahui “Implementasi Penagihan Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelaynan Pajak Pratama Argamakmur Kota Bengkulu Untuk mengetahui tindakan petugas pemungutan Pajak Oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Argamakmur Kota Bengkulu”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Adapun fokus penelitian yang diambil yaitu Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Pada Orang Pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Argamakmur Kota Bengkulu dan penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret 2015. Aspek penelitian yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada keputusan Undang-Undang No 19 Tahun 2000 dan Menteri Keuangan RI nomor : 235/KMK.03/2003 dengan membagi aspek ke dalam 4 bagian yaitu; surat teguran ,surat paksa,surat sita,. Dari hasil penelitian, maka kesimpulan yang dapat diambil bahwa Implementasi Penagihan pajak orang pribadi kantor pelayanan pajak pratama Argamakmur Kota Bengkulu belum optimal. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti, diharapkan kepada kantor pelayanan pajak pratama Argamakmur Kota Bengkulu untuk melaksanakan sosialisasi rutin kepada wajib pajak, sosialisasi tersebut dapat berupa anjuran menyampaikan SPT dan membayar pajak, berikanlah transparansi pajak kepada masyarakat, dan terapkanlah peraturan-peraturan dengan baik. Kata Kunci : Implementasi, Penagihan, Pajak Orang Pribadi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 02 Feb 2018 08:06
Last Modified: 02 Feb 2018 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15816

Actions (login required)

View Item View Item