ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN KELAS VERY IMPORTANT PERSON (VIP) DI RSUD M. YUNUS DAN RS. RAFFLESIA (Studi Perbandingan Rumah Sakit Pemerintah Dengan Rumah Sakit Swasta Di Kota Bengkulu)

Arizonah, Arizonah and Sugeng , Suharto and Alimansyah, Alimansyah (2012) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN KELAS VERY IMPORTANT PERSON (VIP) DI RSUD M. YUNUS DAN RS. RAFFLESIA (Studi Perbandingan Rumah Sakit Pemerintah Dengan Rumah Sakit Swasta Di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Arizonah FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu organisasi bagian dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Rumah sakit berfungsi untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit yang diderita oleh masyarakat. Pada era saat ini perkembangan rumah sakit semakin pesat. Hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan pemerintah dalam menyediakan dan memberikan pelayanan di bidang kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk menyelenggarakan peran pemerintah di bidang pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Di kota Bengkulu terdapat enam rumah sakit (baik berstatus milik pemerintah maupun swasta) dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Hal ini tentunya memberikan sebuah pilihan kepada masyarakat untuk mengakses kebutuhan pelayanan kesehatannya sesuai dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki. Masih banyaknya keluhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di rumah sakit menunjukan bahwa perlunya perbaikan kualitas pelayanan yang ada di rumah sakit. Kualitas pelayanan publik di rumah sakit ini khususnya di sub pelayanan rawat inap menarik perhatian peneliti untuk menggambarkan bagaimana pelayanan publik yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif diskriptif. Penentuan sasaran penelitian ini menggunakan teknik provosive sampling (sampel bertujuan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yakni 4 pasien dan 1 orang perawat dari RSUD M Yunus dan 4 pasien dan 1 orang dari RS. Rafflesia. Dari hasil penelitian dan analisis menunjukan bahwa ada perbedaan dalam pelaksanaan sub indikator pelayanan bagi pasien kelas VIP di kedua rumah sakit yang menjadi catatan masing-masing rumah sakit dalam melaksanakan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 17 Nov 2013 23:26
Last Modified: 17 Nov 2013 23:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item