PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI WARIA DAN REMAJA LAKI-LAKI TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA BINAN (Studi Pada Remaja Laki-laki Bukan Waria di Kelurahan Air Putih Lama, Curup)

PURNAWATI, AYU TRI and Gushevinalti, Gushevinalti and Yudisiani, Yudisiani (2016) PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI WARIA DAN REMAJA LAKI-LAKI TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA BINAN (Studi Pada Remaja Laki-laki Bukan Waria di Kelurahan Air Putih Lama, Curup). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_AYU TRI PURNAWATI_D1E011063_ILMU KOMUNIKASI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi antar pribadi waria dan remaja laki-laki terhadap penggunaan bahasa binan di kalangan remaja laki-laki bukan waria di Kelurahan Air Putih Lama, Curup. Metode yang digunakan kuantitatif, dengan variabel independen yaitu komunikasi antarpribadi waria dan remaja laki-laki, dan variabel dependen yaitu bahasa binan. Responden dalam penelitian ini adalah remaja laki-laki bukan waria dengan teknik sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan dan diperoleh sampel sebanyak 40 orang. Pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuisioner. Selanjutnya teknik scoring menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara komunikasi antarpribadi waria dan remaja laki-laki terhadap penggunaan bahasa binan. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai uji thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 1,15 > ttabel = 0,95), dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Selanjutnya, hasil penelitian ini diperkuat dengan uji regresi dengan besar pengaruh 17,48% sedangkan sisanya 82,52% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi yang diperoleh dari hasil analisis adalah Y= 0,24 + 30,29 X, koefisien regresi variabel X adalah positif sehingga dapat disimpulkan komunikasi antar pribadi yang baik antara waria dan remaja laki-laki dapat menambah rasa positif sehingga meningkatkan kemampuan remaja laki-laki dalam berkomunikasi menggunakan bahasa binan. Kata kunci : komunikasi antar pribadi, waria, remaja laki-laki,bahasa binan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:52
Last Modified: 05 Feb 2018 02:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15828

Actions (login required)

View Item View Item