Model Komunikasi Orang Tua Pada Anak Berhadapan Dengan Hukum (Study Pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berhadapan dengan Hukum di Lapas Klas IIA Kota Bengkulu)

LESTARI, BEPRILLIA and Rasiana, BR Saragih and Yudisiani, Yudisiani (2016) Model Komunikasi Orang Tua Pada Anak Berhadapan Dengan Hukum (Study Pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berhadapan dengan Hukum di Lapas Klas IIA Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_BEPRILLIA_LESTARI_ILKOM.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu merupakan salah satu Provinsi yang terus menyumbangkan data anak-anak yang berhadapan dengan hukum, seperti halnya yang tercatat dalam kurun waktu 4 Thn (2012-2015) ada 307 orang anak sebagai narapidana dalam statistic criminal Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dan Kementrian Hukum dan HAM, dimana hal ini dapat dilihat dari tahun 2012 ada 75 orang, pada tahun 2013 berjumlah 76 orang, pada tahun 2014 berjumlah 83 orang dan pada tahun 2015 sebanyak 73 orang anak. Untuk itu dalam upaya pelayanan kepentingan terbaik bagi anak yang berhadapan dengan hukum khususnya dalam penelitian ini anak sebagai pelaku tindak pidana atau narapidana anak tidaklah terlepas dari peran orang tua atau keluarga sebagai lingkungan terdekat bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat, mendeskripsikan dan menganalisis model komunikasi yang di bangun orang tua kepada anak berhadapan dengan hukum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan meringkas berbagai realitas sosial yang ada didalam masyarakat. Melalui proses wawancara mendalam, observasi, dibantu dengan studi dokumentasi dengan literatur yang ada seperti jurnal, buku, pustaka online serta diperkuat dengan model komunikasi yang digunakan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa orang tua menggunakan model komunikasi yang berbeda-beda, namun sudah lebih banyak menggunakan model komunikasi transaksional yaitu adanya kesetaraan dalam berkomunikasi dan orang tua juga mau mendengarkan keluh kesah anak selama anak menjalani masa hukuman. Kata Kunci : Model Komunikasi, Anak Berhadapan dengan Hukum, Komunikasi Orang Tua dan Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:02
Last Modified: 05 Feb 2018 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15830

Actions (login required)

View Item View Item