Pemberitaan Kasus Novel Baswedan (Analisis Wacana Pada Pemberitaan Kasus Novel Baswedan di Antara bengkulu.Com Edisi Januari 2016 – Maret 2016)

HARIYANTO, DWI and Heri, Supriyanto and Dwi, Aji Budiman (2016) Pemberitaan Kasus Novel Baswedan (Analisis Wacana Pada Pemberitaan Kasus Novel Baswedan di Antara bengkulu.Com Edisi Januari 2016 – Maret 2016). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DWI HARYANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sebagai media milik pemerintah Antarabengkulu.com dituntut menjunjung tinggi objektifitas dalam pemberitaannya, dimana redaksi memilki kemampuan untuk mengkontruksi suatu berita, dengan memberikan makna yang ingin ditekankan dalam suatu teks berita. Sehingga, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemberitaan mengenai kasus Novel Baswedan yang diberitakan oleh Antarabengkulu.com pada edisi berita Januari 2016 sampai dengan Maret 2016. Melalui berita tersebut penulis ingin melihat sisi kritis dari suatu wacana, dengan analisis wacana yang dikemukakan Van Dijk segala teks dapat dianalisis dengan melihat struktur wacana makro, superstruktur, dan mikro. Namun dalam penelitian ini, penulis hanya sebatas unsur mikro pada elemen semantik, sintaksis, stilistik dan retoris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian dari pemberitaan Novel Baswedan dilihat dari unsur semantik menunjukkan pemberitaan yang diterbitkan dengan menggunakan kalimat yang saling mendukung satu sama lain sehingga lata belakang dan maksud dari pemberitaan muncul dengan jelas. Elemen sintaksis menunjukkan pemberitaan lebih banyak disampaikan dengan menggunakan kalimat langsung berupa pernyataan yang disampaikan oleh narasumber. Elemen stilistik menunjukkan penggunaan kata asing tidak banyak digunakan namum ada beberapa kata asing yang biasa dipakai dalam dunia hukum, namun kata asing tersebut dapat dimengerti. Elemen retoris menunjukkan penekanan disampaikan melalui kalimatkalimat lansung berupa penyataan narasumber. Antarabengkulu juga menunjukkan sikap objektifitasnya atau keberimbangan dalam pemberitaannya dengan mengedepankan kode etik jurnalistik dan menggunakan kaidah Cover Both Side. Kata Kunci : Analisis Wacana, Novel Baswedan, Antarabengkulu.Com.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:49
Last Modified: 05 Feb 2018 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15836

Actions (login required)

View Item View Item