FENOMENA PENGGUNAAN GADGET ANDROID DI KALANGAN ANAK-ANAK (Studi Fenomenologi Anak Pengguna Gadget Android di Kelurahan Jembatan Kecil Kota Bengkulu)

WIRATAMA, IKHSAN ADE and Azhar, Marwan and Rasianna, Saragih (2016) FENOMENA PENGGUNAAN GADGET ANDROID DI KALANGAN ANAK-ANAK (Studi Fenomenologi Anak Pengguna Gadget Android di Kelurahan Jembatan Kecil Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Ikhsan Ade Wiratama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Penggunaan Gadget Android Dikalangan Anakanak (Studi Fenomenologi Anak Pengguna Gadget Android di Kelurahan Jembatan Kecil Kota Bengkulu)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif pengguna gadget android dikalangan anak-anak di Kota Bengkulu, untuk mengetahui fungsi gadget android dikalangan anak-anak di Kota Bengkulu, dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget android dikalangan anak-anak di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni mencoba menggambarkan motif anak-anak menggunakan gadget android, fungsi gadget android bagi anak-anak dan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget android dikalangan anak-anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini hanya meneliti anak-anak pengguna gadget android di Kelurahan Jembatan Kecil. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif anak-anak menggunakan gadget android terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari keinginan sendiri sedangkan faktor eksternal berasal dari pengaruh orang lain. Kemudian pada tingkat selanjutnya motif dikaji menggunakan fenomenologi Alfred Schutz yaitu because of motive(motif sebab) dan in order to motive (motif tujuan). Pada because of motive (motif sebab) anak-anak menggunakan gadget android adalah pengaruh lingkungan pergaulan, pengaruh iklan di media massa, pemberian orangtua sebagai bentuk kasih sayang, dan untuk mengikuti perkembangan zaman. Sedangkan in order to motive (motif tujuan) anak-anak menggunakan gadget android adalah sebagai media hiburan dan alat bantu belajar. Lalu fungsi gadget android bagi anak-anak adalah sebagai alat komunikasi jarak jauh, media hiburan, dan sebagai alat bantu belajar. Dan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget android dikalangan anak-anak adalah terbagi menjadi dua sisi yaitu sisi positif dan negatif. Dampak positif yaitu mempermudah komunikasi dan menambah wawasan informan, sedangkan dampak negatifnya yaitu menurunkan intensitas belajar anak, menurunkan konsentrasi anak, kurang peka dengan lingkungan sekitar, terjadi pemborosan dalam pembelian data seluler jika tidak digunakan dengan bijak, dapat menganggu sistem penglihatan yaitu mata, dan tentunya dapat mengundang tindak kejahatan apabila tidak digunakan pada tempatnya. Kata Kunci : Fenomenologi, Anak-anak, Gagdet Android

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:25
Last Modified: 05 Feb 2018 04:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15843

Actions (login required)

View Item View Item