EFEK PEMODERASIAN ASIMETRI INFORMASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (BUDGETARY SLACK) (STUDI PADA SKPD KABUPATEN BENGKULU SELATAN)

Watikasari, Melky and Fitri, Santi and Effed, Darta Hadi (2017) EFEK PEMODERASIAN ASIMETRI INFORMASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (BUDGETARY SLACK) (STUDI PADA SKPD KABUPATEN BENGKULU SELATAN). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
MELKY WATIKASARI (TESIS).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berkaitan dengan senjangan anggaran telah banyak dilakukan, namun menunjukan hasil berbeda. Ada ketidakkonsistenan dari hasil penelitian tersebut, diduga terdapat variabel lain yang mempengaruhi antara partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran. Untuk menyelesaikan ketidakkonsistenan dari hasil penelitian tersebut maka digunakan pendekatan kontijensi (contingency approach) (Govindarajan, 1986). Dengan cara memasukan variabel lain sebagai variabel pemoderasi. Variabel moderasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah asimetri informasi dan komitmen organisasional. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pejabat eselon III dan IV yang ikut berpartisipasi dalam membuat RKA-SKPD yang berada pada 40 SKPD Kabupaten Bengkulu Selatan, jumlah sampel sebanyak 232 responden.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:02
Last Modified: 05 Feb 2018 08:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15865

Actions (login required)

View Item View Item