PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK(Studi Kasus di Perumahan Polda Cempaka Permai Kota Bengkulu)

HERAWATI, DEBBI and Azhar, Marwan and Rasianna, Br Saragih (2016) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK(Studi Kasus di Perumahan Polda Cempaka Permai Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DERBBY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (131MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap efektivitas komunikasi orang tua dan anak, studi kasus dilakukan pada anak-anak di Perumahan Polda Cempaka Permai Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan variabel independen yaitu penggunaan gadget dan variabel dependen yaitu efektifitas komunikasi orang tua dan anak. Teknik sampel menggunakan purposive samplling dan diperoleh sampel sebanyak 42 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner, observasi dan wawancara. Selanjutnya teknik skoring menggunakan skala likert dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hipotesis diuji pada tingkat kepercayaan 95 %. Hal ini dapat ditoleransi dalam ilmu sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap efektivitas komunikasi orang tua dan anak. Selanjutnya penggunaan fitur-fitur pada gadget dapat membuat menurunnya efektivitas komunikasi orang tua dan anak yang dibuktikan dengan pernyataan bahwa ketika responden asyik dengan gadgetnya kurang memahami apa yang sedang dikomunikasikan dengan orang tuanya dengan persentase 50%. Hal ini juga dapat dilihat berdasarkan hasil uji statistik nilai uji t hitung (-2,944) lebih kecil dari t (1,683). Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesa kerja ditolak dan hipotesa nol diterima. Hasil penelitian ini juga berhasil menguji teori Cordinated Management Of Meaning (CMM) sebagai landasan teori yang digunakan peneliti, bahwa percakapan merupakan besik material yang membentuk dunia sosial yang berguna untuk menstimulasi cara berkomunikasi yang dapat meningkatkan kualitas hidup setiap orang dalam percakapan sehari-sehari, artinya semakin baik komunikasi antara orang tua dan anak maka semakin efektif pula komunikasi yang tercipta di dalamnya. tabel Kata kunci : penggunaan gadget, efektivitas komunikasi orang tua dan anak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:29
Last Modified: 05 Feb 2018 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15868

Actions (login required)

View Item View Item