ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM PELAKSANAAN SIAGA DAN OPERASI SAR (Studi Kasus Pada Kantor SAR Bengkulu)

HIDAYAT, DEKA and Yasben, Mirza and Budiyono, (2018) ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM PELAKSANAAN SIAGA DAN OPERASI SAR (Studi Kasus Pada Kantor SAR Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
PDF SKRIPSI DEKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 5 February 2018.
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kinerja merupakan suatu keadaan yang berkaitan dengan keberhasilan organisasi dalam menjalankan misi yang dimilikinya. Keberhasilan Badan SAR Nasional dalam menangatasi musibah jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 pada tanggal 28 Desember 2014 lalu mengundang decak kagum masyarakat Indonesia dan dunia internasional. Penilaian ini didukung dengan data yang di publish International Civil aviation Organitation (ICAO) dengan poin 90 untuk kapabilitas Basarnas dalam penyelenggaraan kegiatan SAR. Situasi ini tentulah positif bagi Basarnas Indonesia namun juga memiliki beban kerja dan moral dalam mempertahankan hasil kerja yang positif tersebut. Kantor SAR Bengkulu yang merupakan merupakan Unit Pelaksana Teknis di bidang pencarian dan pertolongan (search and rescue) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan SAR Nasional tentulah memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan citra positif dan negatif terhadap kinerja Basarnas dan menjadi beban tersendiri dalam meningkatkan kinerja yang sudah di bagun minimal mempertahankannya.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kinerja pegawai dalam pelaksanaan siaga dan operasi SAR pada kantor SAR Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisa data deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk menentukan informan dengan teknik purposive sampling atau sampel tujuan sedangkan teknik analisis data model interaktif. Aspek penilitian kinerja pegawai berdasarkan PP No.46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil yaitu berdasarkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan perilaku kerja pegawai.Hasil penelitian diketahui bahwa kinerja pegawai Kantor SAR Bengkulu berdasarkan SKP yang meliputi : kuantitas, kualitas, waktu dan biaya dengan hasil baik akan tetapi keterbatasan jumlah personil atau SDM ditambah dengan cakupan wilayah kerja yang cukup luas meliputi satu provinsi menjadi persoalan tersendiri pada kantor SAR Bengkulu sedangkan untuk kualitas dari SDM kantor SAR Bengkulu itu sendiri terutama dari segi aspek perilaku kerja yang meliputi : orientasi pelayanan, integritas,komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan sudah baik akan tetapi masih perlu ditingkatkan terutama keterampilan dan keahlian setiap pegawai atau petugas pencari dan penolong (rescuer) agar dapat bekerja lebih profesional dan lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 09 Jul 2018 07:22
Last Modified: 09 Jul 2018 07:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15873

Actions (login required)

View Item View Item