PROSES KOMUNIKASI ANTARA MEDIA, LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT, DAN PEMERINTAH KABUPATEN MUKOMUKO DALAM MEMBENTUK POKJA KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS (KLHS)

TRISNAWATI, ULI ARTA and Azhar, Marwan and Heri, Supriyanto (2016) PROSES KOMUNIKASI ANTARA MEDIA, LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT, DAN PEMERINTAH KABUPATEN MUKOMUKO DALAM MEMBENTUK POKJA KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS (KLHS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
ULI ARTA TRISNAWATI D1E011072.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang terbangun antara media,Lembaga Swadaya Masyarakat, dan pemerintah kabupaten Mukomuko dalam membentuk pokja kajian lingkungan hidup strategis. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan melakukan wawancara serta observasi partisipasi kepada ketiga lembaga tersebut ketika melakukan kegiatan. Responden dalam penelitian ini adalah kepala Bappeda kabupaten Mukomuko, kepala KLH kabupaten Mukomuko, pewarta media ANTARA, serta Direktur Genesis Bengkulu dengan teknikl purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunci keberhasilan dari hubungan yang baik dan kooperatif adalah komunikasi. Pada proses komunikasi yang dilakukan baik secara formal maupun non formal setiap lembaga menjadi pelaku komunikasi. Berangkat dari perbedaan tingkat pengetahuan antara ketiga lembaga tersebut, maka hal pertama yang harus dilakukan masing-masing lembaga adalah penyepadanan pengetahuan terkait dengan KLHS. Berimbangnya pengetahuan menjadi dasar terbangunnya komunikasi yang efektf. Kata kunci : Proses Komunikasi, Pokja, Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:43
Last Modified: 05 Feb 2018 08:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item View Item