Dafa, Yori Hayyan and M Arifin, M Arifin and Agus, Trianto (2022) PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI Yori Hayyan Dafa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran teks eksplanasi menggunakan aplikasi powtoon untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lebong dan Waktu penelitian akan dilaksanakan pada saat tahun ajaran baru pada bulan September Tahun 2021, Data yang didapat dalam penelitian ini berupa data yang didapat dengan memberikan selembaran pertanyaan seputar powtoon dan sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu, sumber data yaitu guru mata pelajaran bahasa indonesia SMA Negeri1 Lebong dan 24 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara) dan dokumentasi.Teknik analisis Instrumen dalam peneilitian ini ada dua yaitu pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data mengdaptasi dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan media berbasis aplikasi powtoon siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 sudah dilaksanakan sesuai dengan dengan kurikulum 2013, yaitu terdapat tahap pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powtoon ini siswa lebih tertarik memperhatikan dan menyimak materi pembelajaran yang ditampilkan dalam bentuk video animasi serta memiliki karakter yang bergerak dibandingkan dengan tanpa menggunakan aplikasi powtoon pembelajaran akan sangat monoton dan juga kurang menyenangkan, dengan adanya powtoon ini akan membuat guru menjadi kreatif dalam membuat materi pembelajaran menjadi semenarik mungin agar membuat siswa senang dengan materi yang akan diajarkan sehiingga akan membuat susana belajar menjadi menyenangkan. Kemudian komponen pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tujuan pembelajaran, alat dan bahan pembelajaran, model pembelajaran, sumber pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta seluruh pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Eksplanasi, Aplikasi Powtoon,
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 01:44 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 01:44 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15875 |
Actions (login required)
View Item |