Pengaruh Tayangan Berita tentang Lesbian, Gay, Biseksual, Trangender terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Rumah Tangga (Studi Pada Ibu rumah tangga Desa Karang Indah Argamakmur Bengkulu Utara)

SUKMAWATI, YUNITA and Dwi, Aji Budiman and Andi, Makhrian (2016) Pengaruh Tayangan Berita tentang Lesbian, Gay, Biseksual, Trangender terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Rumah Tangga (Studi Pada Ibu rumah tangga Desa Karang Indah Argamakmur Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YUNITA SUKMAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (663kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan berita Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) terhadap tingkat kecemasan ibu rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara terstruktur dan studi pustaka. Penelitian dilakukan pada Ibu Rumah Tangga di lingkungan Desa Karang Indah Argamakmur Bengkulu Utara dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden 48 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa berita tentang Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) berpengaruh positif terhadap tingkat kecemasan ibu rumah tangga. Hasil penelitian ini diperkuat dengan analisis uji regresi sederhana dengan besar pengaruh 8,9% sedangkan 91,1 % dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti lingkungan keluarga, kelompok, media lain, dan sebagainya. Hasil uji signifikan dalam penelitian ini diperoleh bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung =   ,               >t = 2,01290). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menyatakan bahwa jika t tabel hitung > t maka Hipotesis Kerja (HK) diterima, artinya tayangan berita Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) berpengaruh terhadap tingkat kecemasan ibu rumah tangga. Hasil penelitian ini juga berhasil menguji teori Kultivasi sebagai landasan teori yang digunakan peneliti, bahwa televisi menjadi media atau alat utama dimana para pemirsa televisi itu belajar tentang masyarakat dan kultur lingkungannya, yang berarti bagi mereka para heavy viewer melihat apa yang ditayangkan televisi terkait Tayangan Berita tabel tentang Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) adalah sebuah masalah serius,bahkan rasa takut, cemas dan kurang percaya dengan keamanan lingkungannya meningkat ketika mereka mengkonsumsi tayangan tersebut. Kata kunci: Pengaruh, Media Televisi, Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Kecemasan, Ibu Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:57
Last Modified: 05 Feb 2018 08:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15876

Actions (login required)

View Item View Item