ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA TALANG RENAH KECAMATAN AIR BESI ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA TALANG RENAH KECAMATAN AIR BESI ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA TALANG RENAH KECAMATAN AIR BESI KABUPATEN BENGKULU UTARA

JUMADI, and Aminudin, Achmad and Nursanty, Nursanty (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA TALANG RENAH KECAMATAN AIR BESI ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA TALANG RENAH KECAMATAN AIR BESI ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA TALANG RENAH KECAMATAN AIR BESI KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 6 February 2018.
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).

Download (986kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pengelolaan Dana Desa (DD) di Desa Talang Renah Kecamatan Air Besi Kabupaten Bengkulu Utara. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokus penelitian di Desa Talang Renah Kecamatan Air Besi Kabupaten Bengkulu Utara, penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 22 september-22 oktober 2017. Fokus penelitian ini ialah kegiatan pengelolaan keuangan Dana Desa (DD) yang peruntukkannya bagi desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa Talang Renah. Yang dijadikan aspek pada penelitian ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa yaitu 1. Perencanaan pengelolaan dana desa 2. Pelaksanaan pengelolaan dana desa 3. Pertanggung jawaban pengeloaan dana desa. Adapun hasil penelitiannya sebagai sebagai berikut, yaitu Pada tahap perencanaan dapat disimpulkan bahwa pada proses perencanaannya, kurangnya partisipasi masyarakat desa Talang Renah dalam musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) dikarenakan banyak masyarakat desa yang tak ingin meluangkan waktunya, masyarakat lebih memlih bekerja karena kegiatannya dilakukan di siang hari. Setelah itu pada tahap pelaksanaanya bahwa aparatur desa kurang memahami prosedur pelaksanaan pengelolaan dana desa sehingga mereka kadang-kadang masih bingung secara adminisratif. Terkadang juga di dalam menjalankannya banyak terjadi kesenjangan dan kurangnya kordinasi antara kepala desa dengan Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD). Untuk tahap laporan pertanggungjawabannya disimpulakn bahwa kurang transparannya pihak aparatur desa kepada masyarakat,karena tidak pernah dilakukannya kegiatan lagi setelah musrenbangdes, masyarakat tidak tahu lagi masalah dana desa, masyarakat tidak mengetahui bagaimana dana tersebut, masyarakat hanya mengetahui hasil apa yang telah dibuat. Kata Kunci : Implementasi, Pengelolaan, Dana Desa (DD)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:16
Last Modified: 06 Feb 2018 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item