ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN AIR RAMI KABUPATEN MUKOMUKO

LAILI, MAFTUHUL and Hakim, Kahar and Nursanty, Nursanty (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN AIR RAMI KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
SKRIPSIII OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 6 February 2018.
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Konsep kualitas pelayanan menjadi ukuran keberhasilan organisasi dalam menyediakan pelayanan publik. Banyaknya permasalahan yang terjadi dalam pelayanan publik seperti kurangnya fasilitas pelayanan kantor dan tidak tersedianya loket pelayanan memberikan masalah di kantor Kecamatan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan di Kantor Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian tentang kualitas pelayanan KTP Elektronik di Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko. Aspek penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori Zeithaml dalam Hardiyansyah (2011:45-46). Proses penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus s/d 8 September 2017, dengan proses penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 9 orang. Setelah dilakukan analisis data, maka hasil penelitian ini yaitu (1) fasilitas perekaman di Kecamatan Air Rami telah memiliki kelengkapan seperti UPS, kamera, scan sidik jari, scan retina mata, scan tanda tangan, komputer. Dan untuk tempat pelayanan masyarakat menilai masih kurang memberikan kenyamanan. (2) dalam melakukan pelayanan Kecamatan Air Rami berpedoman pada SOP, (3) Kecamatan Air Rami tidak memberikan jaminan kecepatan dalam proses pelayanan yang diberikan. (4) telah ada kejelasan dan jaminan akan biaya dan waktu penyelesaian dalam perekaman KTP elektronik. (5) sikap pegawai dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat tidak sesuai dengan sikap yang diharapkan oleh masyarakat. Dengan demikian penulis memberikan kesimpulan yaitu Kantor Camat Kecamatan Air Rami telah memiliki kualitas pelayanan yang cukup baik dalam melakukan pelayanan KTP Elektronik bagi masyarakat. Saran pada penelitian ini yaitu (1).Pada penelitian ini peneliti hanya berfokus pada kualitas pelayanan KTP elektronik di Kantor Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko, oleh karenanya pembaca dapat mengembangkan penelitian dengan melakukan penelitian pada fokus dan ditempat yang berbeda. 2). Pelayanan yang berkualitas merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah saat ini, oleh karenanya peneliti menyarankan kepada pembaca untuk terus melakukan penelitian tentang kualitas pelayanan, dalam rangka turut serta membantu pemerintah dalam melakukan pembenahan-pembenahan atau evaluasi tentang kualitas pelayanan terhadap masyarakat. 3). Kepada pemerintah Kecamatan Air Rami penulis menyarankan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, KTP Elektronik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:35
Last Modified: 06 Feb 2018 02:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15889

Actions (login required)

View Item View Item