PENGARUH MANFAAT E-PROCUREMENT TERHADAP PENYIMPANGAN DALAM PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH (Studi Pada Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan)

Putra, Taufan Melyndo and Willy, Abdillah and Effed, Darta (2017) PENGARUH MANFAAT E-PROCUREMENT TERHADAP PENYIMPANGAN DALAM PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH (Studi Pada Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TAUFAN MELYNDO PUTRA (TESIS).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian terhadap e-procurement dan pengaruhnya dalam mencegah/mengurangi penyimpangan pengadaan barang dan jasa pemerintah telah banyak dilakukan. Berdasarkan penelitian Ertantri, dkk (2016) e-procurement terbukti dapat meningkatkan transparansi, meningkatkan akuntabilitas, mendukung monitoring dan audit, memberikan informasi yang real time serta memberikan pengetahuan yang luas bagi masyarakat mengenai proses pengadaan barang/jasa. E-procurement juga dapat mengurangi inefisiensi pengadaan dengan memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Implikasi penelitian tersebut yaitu dengan adanya pemanfaatan e-procurement, pemerintah daerah dibantu untuk dapat mencegah praktik kecurangan dan sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk melakukan kontrol sosial terhadap kinerja pemerintah dalam melakukan proses pengadaan barang/jasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:09
Last Modified: 06 Feb 2018 08:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15897

Actions (login required)

View Item View Item