PENGARUH KOMPETENSI, PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI KABUPATEN KEPAHIANG

Prabowo, Tri Deni and Slamet, Widodo and Sugeng, Susetyo (2017) PENGARUH KOMPETENSI, PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI KABUPATEN KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TRI DENI PRABOWO (TESIS).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei, yakni menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data dengan tujuan mendapatkan informasi yang dibutuhkan mengenai tanggapan responden tentang kompetensi, pemahaman standar akuntansi pemerintah, penerapan sistem pengendalian intern dan kualitas laporan keuangan. Dalam penelitian ini pegawai pengelola keuangan di Kabupaten Kepahiang yang berjumlah 102 orang dijadikan sebagai sampel. Penelitian dianalisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi, pemahaman standar akuntansi pemerintah, dan penerapan sistem pengendalian intern secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Secara partial, kompetensi, pemahaman standar akuntansi pemerintah, dan penerapan sistem pengendalian intern berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas peran pemerintah daerah sangatlah penting untuk dapat meningkatkan kompetensi pengelola keuangan, pemahaman standar akuntansi pemerintah dengan memberikan kesempatan bagi pengelola keuangan untuk mengikuti pendidikan, seminar-seminar dan bimbingan teknis, serta penempatan pengelola keuangan yamg berlatar belakang pendidikan ilmu akuntansi dibidang keuangan/akuntansi. Hal ini dimaksudkan agar lebih mampu memberikan solusi dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan perlu adanya kegiatan rutin/berkala yang terkordinasi pada kegiatan penerapan sistem pengendalian intern di Kabupaten Kepahiang untuk mereviue hasil temuan inspektorat/BPK, seperti dilakukan nya rapat secara berkala untuk membahas dan tindakan yang perlu dilakukan dalam tindak lanjut hasil temuan inspektorat/BPK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:17
Last Modified: 06 Feb 2018 08:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15898

Actions (login required)

View Item View Item