STRATEGI ANGGOTA KELUARGA DALAM MENGATASI KONFLIK PADA KELUARGA BESAR (Studi Kasus Di Blok A Desa Harapan Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah)

AGUSTINA, INDRIA and Tamrin, Bangsu and Yunilisiah, Yunilisiah (2016) STRATEGI ANGGOTA KELUARGA DALAM MENGATASI KONFLIK PADA KELUARGA BESAR (Studi Kasus Di Blok A Desa Harapan Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_INDRIA-AGUSTINA_FINAL-FULL_PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Strategi mengatasi konflik adalah usaha manusia untuk meredakan pertikaian atau konflik dalam mencapai kestabilan. Adapun pihak-pihak yang berkonflik kemudian saling menyesuaikan diri pada keadaan tersebut dengan cara bekerja sama dalam menyelesaikan konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi anggota keluarga dalam mengatasi konflik pada keluarga besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang melibatkan informan sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, doumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 macam bentuk konflik di dalam keluarga besar yaitu konflik saudara, konflik orangtua-anak, dan konflik pasangan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa konflik di dalam keluarga besar timbul akibat dari perbedaan pendapat atau pandangan, serta perekonomian keluarga yang rendah sehingga menyebabkan terjadinya perselisihan dalam pemenuhan kebutuhan hidup keluarga besar. Dalam menyelesaikan konflik saudara, strategi yang lebih banyak digunakan adalah strategi diam dan strategi mengalah untuk menghargai saudara yang lebih tua. Sedangkan strategi lainnya adalah strategi menarik diri, bertanding, dan pemecahan masalah. Adapun dalam penyelesaian konflik orangtua dengan anak, orangtua menggunakan strategi diam, dan anak menggunakan strategi mengalah. Sedangkan pada konflik pasangan, pasangan suami istri yang terlibat konflik memilih untuk menggunakan strategi pemecahan masalah. Kata Kunci: Keluarga Besar, Strategi Mengatasi Konflik, Ilmu Kesejahteraan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:02
Last Modified: 07 Feb 2018 02:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15905

Actions (login required)

View Item View Item