ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA KELOMPOK TANI JERUK KALAMANSI (Studi Kasus Di Kelurahan Padang Serai Kec kampung Melayu Kota Bengkulu)

HAMBALI, MUHAMMAD and Syuplahan, Gumay and Agus, Setiyanto (2016) ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA KELOMPOK TANI JERUK KALAMANSI (Studi Kasus Di Kelurahan Padang Serai Kec kampung Melayu Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tingkat kesejahteraan kelompok tani jeruk kalamansi dalam Peningkatan perekonomian suatu daerah umumnya terletak pada potensi masyarakatnya dan potensi dari mata pencaharian disana. Terlebih jika suatu daerah tersebut memiliki potensi alam yang kaya dan bisa dimanfaatkan dengan berbagai hasil yang siap menjamin kebutuhan masyarakat yang mengelolahnya. Seperti halnya daerah Padang Serai di kenal sebagai “Tuan Rumah Kalamansi” karena memiliki hasil buah jeruk Kalamansi yang berlimpah serta dengan kualitas paling bagus. Ini didasari dengan adanya struktur tanah yang subur serta cuaca nya yang pas. Padang Serai termasuk daerah yang sebagian besar penduduknya bercocok tanam atau berkebun. Warga Padang Serai mulai menyadari potensi dari jeruk Kalamansi sangat banyak dan menguntungkan. Permasalahannya adalah warga kurang mengetahui bagaimana cara mengelolah jeruk Kalamansi dengan rasa asam tinggi ini menjadi sesuatu yang lebih berharga dan mahal dibandingkan hanya menjual mentahnya saja. Seperti misalnya dengan pembuatan sirup Kalamansi yang bisa dipadukan dengan aneka rasa lainnya, selai Kalamansi, dodol ataupun makanan olahan lainnya yang pastinya nanti akan lebih meningkatkan perekonomian sekitar. Namun dibalik upaya untuk penyejahteraan perekonomian melalui olahan dari Kalamansi ini banyak pula ditemukan berbagai kendala dalam prosesnya. Metode yang telah kami gunakan adalah dengan mengajak warga untuk bersama-sama mencoba berbagai uji coba yang akan kami lakukan, pengembangan potensi dengan pengenalan jeruk Kalamansi serta bekerjasama dengan para usaha Kalamansi di Padang Serai. Analisa melalui uji coba dengan meminta pendapat kepada warga tentang hasil dari uji coba olahan tersebut. Kata Kunci: Tingkat kesejahteraan, perekonomian, jeruk kalamansi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:15
Last Modified: 07 Feb 2018 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15907

Actions (login required)

View Item View Item