PENGARUH PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015)

Trisnawati, Ayu and Husaini, Husaini (2017) PENGARUH PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
AYU TRISNAWATI (ARTIKEL).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (91kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh penerapan enterprise risk management (ERM) terhadap kinerja perusahaan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kinerja perusahaan yang diukur menggunakan ROA dan Tobin’s Q. Variabel independen yaitu ERM, yang diukur menggunakan 108 item pengungkapan ERM berdasarkan ERM framework yang dikeluarkan COSO dan beberapa variabel kontrol seperti; Dewan Komisaris, Komisaris Independen, Jenis Industri, Size dan Leverage. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data keuangan di website www.idx.com. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 209 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan analisis linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa penerapan enterprise risk management (ERM) tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan kinerja pasar. Secara statistik penerapan ERM tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, hal ini disebabkan karena penerapan ERM untuk perusahaan nonkeuangan di Indonesia masih bersifat sukarela, sehingga menyebabkan perusahaan non-keuangan hanya mengungkapkan risiko secara terbatas. Hal ini terbukti dengan jumlah rata-rata indeks ERM < 50%, hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan non keuangan yang menerapkan ERM < 50% atau masih kurang dari ½ total pengungkapan ERM yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:35
Last Modified: 09 Feb 2018 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15913

Actions (login required)

View Item View Item