PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TRANSPARANSI INFORMASI DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015)

Putri, Dwi Ananda and Nikmah, Nikmah (2017) PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TRANSPARANSI INFORMASI DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
DWI ANANDA PUTRI (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan dengan transparansi informasi dan kepemilikan institusional sebagai variabel pemoderasi. Nilai perusahaan sebagai variabel dependen diukur den ga n Tobin’s Q dan penghindaran pajak seba gai variabel independen diukur dengan Cash ETR. Transparansi informasi dan kepemilikan institusional sebagai variabel pemoderasi, transparansi informasi diukur dengan item pengungkapan yang dikembangkan dari penelitian Nuryaman (2009) sedangkan kepemilikan institusional diukur dengan persentase kepemilikan institusional. Penelitian ini menggunakan dua variabel kontrol, yaitu ukuran perusahaan dan leverage. Penelitian ini menggunakan 36 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penghindaran pajak tidak berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Transparansi informasi dan kepemilikan institusional tidak terbukti sebagai variabel pemoderasi hubungan antara penghindaran pajak dan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:21
Last Modified: 09 Feb 2018 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item View Item