PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015)

Eltini, Fenti and Saiful, Saiful (2017) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
FENTI ELTINI (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh corporate governance terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan konsekuensinya dengan nilai perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data keuangan di website www.idx.com. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan analisis linear berganda menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa ukuran dewan komisaris berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility serta berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan insitusional hanya berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan negatif terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Kepemilikan manajerial dan proporsi komisaris independen berpengaruh negatif tehadap pengungkapan corporate social responsibility dan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility bukanlah variabel intervening dalam hubungan corporate governance dengan nilai perusahaan. Besarnya kepemilikan institusi dan banyaknya jumlah dewan komisaris dalam suatu perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan. Banyaknya dewan komisaris dianggap dapat mengontrol jalannya perusahaan salah satunya perusahaan yang mengungkapkan corporate social responsibility. Penelitian ini membuktikan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak mempengaruhi variabel independen. Sehingga diharapkan dapat menambah variabel corporate governance lainnya sebagai faktor yang dapat mempengaruhi variabel dependen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:33
Last Modified: 12 Feb 2018 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15922

Actions (login required)

View Item View Item