KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN DI SUNGAI AUR DENGAN TRATA YANG BERBEDA DI DESA PETRANS JAYA KECAMATAN MUARA KELINGI SUMATERA SELATAN

HARIYADI, HARIYADI (2017) KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN DI SUNGAI AUR DENGAN TRATA YANG BERBEDA DI DESA PETRANS JAYA KECAMATAN MUARA KELINGI SUMATERA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesia)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai keanekaragaman jenis ikan di sunga Aur di Desa Petrans Jaya, Kecamatan Muara Kelingi Sumatera Selatan dari bulanJanuari-Februari 2017 yang terdiri dari 3 stasiun penelitian dimana sungai Aur merupakan sungai kecil yang dialiri oleh sungai Kelingi dan masyarakamenggunakan sungai untuk sumber pengairan sawah dan menangkap ikan. Selain itu, disungai Aur juga terdapat aktivitas pembuangan limbah pabrik kelapa sawiyang mungkin dapat mempengaruhi keanekaragaman jenis ikan di sungai Aur Metode yang digunakan stratified random sampling dan alat tangkap berupa jaringdengan mess 1 inci dan 1,5 inci. Hasil penelitian didapatkan 88 individu, terdir dari 10 spesies, 10 genus, 10 famili dan 4 ordo. Adapun jenis ikan yangtertangkap yaitu Channa striata, Clarias batrachus, Pristolepis grooti, Anabastestudineus, Trichogaster trichopterus, Leiocassis stenomus, Mystus alasensis Macrognatus aculeatus, Kryptopus lais dan Barbodes gonionotus. Indekskeanekaragaman tertinggi ada pada stasiun tiga yaitu 1,6 kemudian di ikuti oleh stasiun dua sebesar 1,4 dan stasiun satu 1,3, indeks keseragaman tertinggi adapada stasiun dua dan tiga sebesar 0,9 kemudian stasiun satu sebesar 0,8, nilaindeks dominansi tertinggi ada pada stasiun satu yaitu 0,2 kemudian di ikuti oleh stasiun dua dan stasiun tiga sebesar 0,1.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:18
Last Modified: 12 Feb 2018 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item